Selasa, 21 Februari 2012

KONVERSI AUDIO VIDEO ANALOG KE DIGITAL


KAPAN PERLU MENGKONVERSI AUDIO VIDEO ANALOG KE DIGITAL?

  • Ketika dokumen video lama yang tersimpan dalam pita kaset Betamax atau VHS harus diperbaharui menjadi kepingan VCD/DVD baru, supaya tetap dapat ditonton menggunakan peralatan VCD/DVD PLAYER masa kini.
  • Ketika harus mengolah rekaman video yang diambil menggunakan camcorder/handycam lama yang media penyimpan datanya masih menggunakan pita kaset video dan hasil outputnya merupakan video system analog.
  • Ketika harus membuat rekaman siaran televisi yang dianggap penting, misalnya pertandingan bola, tinju, atau siaran lain yang dianggap penting, sehingga pada waktu santai bisa menonton siaran televisi lagi meskipun setasiun televisi aslinya sudah tidak mengadakan siaran ulangan.
  • Ketika harus mengolah rekaman video lainnya yang dapat diputar menggunakan peralatan player tertentu, tetapi tidak bisa dibaca oleh system komputer.


MENGAPA PERLU DIKONVERSI KE DIGITAL?

Supaya lebih enak ditonton, obyek yang direkam perlu diolah lebih dahulu sebelum siap disajikan dalam kepingan VCD/DVD. Misalnya rekaman siaran bola dari televisi perlu dibuang iklannya, rekaman obyek dari handycam perlu dibuang yang kurang layak ditonton dsb. Juga perlu pengaturan lain misalnya cahaya, kontras, warna, dan efek lain, baik pada audio maupun videonya.
Banyak software komputer yang dapat digunakan untuk mengolah audio dan video. Jadi mengolah audio dan video harus menggunakan komputer. Perlu diingat, komputer sekarang semuanya menggunakan system digital, karena itu hanya bisa mengolah apa saja yang sudah system digital, dan akan menolak apa saja yang belum digital.
Itulah sebabnya, mengapa audio dan video yang masih menggunakan system analog harus dikonversi ke digital lebih dahulu, supaya dapat diterima oleh system komputer dan dapat diolah lebih lanjut menggunakan software pengolah audio-video yang ada di komputer.


BAGAIMANA CARA MENGKONVERSI AUDIO VIDEO ANALOG KE DIGITAL?

Ada 3 (tiga) cara yang lazim dilakukan, dapat dipilih salah satu cara yang paling disuka.
  • Cara 1, menambahkan PCI-card pada komputer sehingga komputer dapat menerima input berupa audio dan video system analog. Cara ini hanya berlaku untuk pengguna PC (Personal Computer).
  • Cara 2, menggunakan kabel konversi audio video dari analog ke digital. Rangkaian kabel terdiri atas port USB, kotak konverter, dan ujungnya adalah jack yang cocok untuk peralatan audio video analog. Cara ini berlaku untuk semua pengguna komputer yang memiliki port USB, baik PC, laptop, note-book maupun lainnya.
  • Cara 3, tidak menggunakan komputer, tapi menggunakan peralatan DVD-Recorder. Alat ini bisa menerima audio video yang dikirim dari output peralatan system analog, lalu direkam kedalam kepingan DVD dan hasilnya adalah audio video yang sudah dalam bentuk digital. Bila akan diolah lebih lanjut, system komputer sudah bisa menerimanya.


CARA 1
MENAMBAHKAN PCI-CARD PADA PERSONAL KOMPUTER

Tambahkan pada personal komputer Anda, sekeping PCI-Card yang dapat mengkonversi audio video analog ke digital.  Banyak merek dan type yang beredar di pasaran, tinggal disesuaikan dengan hasrat keinginan dan kemampuan kantong saja. 

Tidak selamanya yang lebih mahal harganya akan selalu lebih baik hasilnya, karena sesungguhnya PCI-Card yang terbaik bagi komputer Anda adalah yang paling serasi dengan mother-board yang ada di personal komputer Anda.

Apapun merk dan type PCI-Card yang dipilih, semua dilengkapi kabel yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan peralatan audio-video system analog, seperti VCD/DVD-player, pesawat televisi dan camcorder yang menggunakan pita kaset.

Ujung kabel dari komputer yang dihubungkan dengan peralatan audio-video system analog minimal memiliki 3 (tiga) jack berwarna kuning, merah dan putih. Warna kuning dihubungkan ke VIDEO-OUT sedangkan warna merah dan putih dihubungkan ke AUDIO-OUT masing-masing untuk R dan L.


Setelah terhubung dengan benar, rekaman audio-video analog tinggal diputar menggunakan player-nya, dan suara serta gambar akan tampil di komputer.


Sekarang tinggal dilakukan CAPTURE VIDEO menggunakan software yang ada di komputer, dan hasilnya adalah file audio-video yang sudah system digital.

Cara ini hanya berlaku untuk personal komputer yang bisa dipasangi PCI-Card.
Bagaimana untuk pengguna Laptop dan Note-book?  Ikuti cara kedua, menggunakan kabel konversi.


CARA 2
MENGGUNAKAN KABEL KONVERTER AUDIO-VIDEO ANALOG KE DIGITAL.

Kabel converter ini dapat digunakan pada komputer yang memiliki USB, baik PC, laptop, notebook, maupun lainnya.

Output dari peralatan audio video system analog, baik audio-out maupun video-out sebelum masuk komputer digodog dulu di kotak converter menjadi format digital, baru kemudian dikirim ke komputer melalui port USB.

Proses selanjutnya relatif sama dengan cara 1 diatas.  Rekaman audio-video diputar menggunakan peralatan player analog, dan hasilnya bisa tampil di komputer/laptop, kemudian dilakukan CAPTURE VIDEO.
File yang diperoleh merupakan file audio-video yang sudah dalam format digital.


CARA 3
MENGGUNAKAN PERALATAN DVD-RECORDER


Peralatan ini dapat digunakan untuk merekam audio video dalam format digital DVD, dan dapat menerima input dari peralatan audio video player system analog.

Bekerjanya berdiri sendiri, tidak diperlukan seperangkat komputer. Bila dihubungkan dengan peralatan VCD player analog lalu direkamnya, maka hasilnya berupa kepingan DVD yang sudah format digital. Bila dihubungkan dengan Camcorder yang menggunakan pita kaset dengan output analog, lalu direkamnya, maka hasilnya juga sudah merupakan DVD audio-video dalam format digital.

Sekarang telah banyak diproduksi DVD Recorder yang dilengkapi banyak fasilitas. Bahkan untuk merekam siaran televisi bisa diprogram pada jam tertentu otomatis merekamnya, sehingga pada saat ada siaran langsung sepak bola dini hari, sudah tidak perlu repot-repot begadang, istirahat nyenyak saja, besok pada waktu luang yang tidak mengganggu aktifitas kerja bisa melihat rekamannya.

Wah asyik juga ya punya peralatan DVD Recorder, berapa sih harganya?


PENULIS:
Iman Sayekti Wongsokalor
Instruktur Kursus Komputer 
LPK Intan Sruweng Kebumen.


3 komentar: